Kegunaan Teripang Untuk Kesehatan

Kegunaan Teripang Untuk KesehatanNegara Indonesia memang diberikan anugerah ragam hayati biota laut yang luar biasa.  Salah satunya adalah pemanfaatan teripang sebagai media kesehatan.
Teripang merupakan hewan invertebrate yang dikenal dengan timun laut (Holothuroidea) yang dapat dimakan.  Teripang tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, dari samudra hindia hingga samudra pasifik barat.
Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis penting, seperti teripang koro (microthele Nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp), teripang putih (Holothuria Scabra), dan beberapa jenis teripang lainnya.
Pemanfaatan teripang sudah dikenal ratusan tahun yang lalu sebagai antiseptik tradisional dan obat serbaguna untuk berbagai penyakit pada masyarakat bugis, Madura dan bahkan pada pulau Langkawi, Malaysia.
Tidak hanya itu saja, air yang ada pada teripang bila diminumkan kepada wanita pasca melahirkan dipercayai dapat menghentikan perdarahan.  Air tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan luka khitan pada anak laki – laki masyarakat Pulau Langkawi.
Penelitian
Hasil penelitian di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang sangat berkhasiat sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan berguna sebagai antiseptik tradisional.
Berbagai penelitian yang telah dilakukan mencatat, teripang memiliki kandungan protein yang tinggi mencapai 82%, asam lemak essensial, teripang mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibiotic dan teripang dapat disebut dengan imunomodulator.
Pada penelitian di China mengungkapkan bahwa teripang mengandung saponin glycosides.  Kandungan ini mempunyai struktur yang serupa dengan komponen gingseng aktif, ganoderma dan tumbuhan bumbu tonik yang terkenal.  Penelitian tersebut menunjukkan adanya anti kanker pada saponin dan polisakarida yang ada pada teripang.  Penelitian ini juga membuktikan bahwa teripang dapat digunakan sebagai zat tonik dan suplemen gizi.
Pada penelitian lain di China menyebutkan secara medis tubuh dan kulit teripang jenis teripang dongnga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit ginjal, paru – paru basah, alergi, anti-inflamasi, anemia dan mencegah arteriosklerosis dan penuaan pada jaringan tubuh.
Ekstrak murni dari teripang mempunyai kecenderungan menghasilkan holotoksin yang memiliki efek yang sama dengan antimicyn dengan kadar 6,25 – 25 mikrogram/milliliter.  Teripang juga mengandung asam lemak tidak jenuh jenis omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung.  Pada penelitian di Filipina mengungkapkan bahwa teripang dapat digunakan sebagai agen antitumor dan sebagai obat HIV.
Selain itu, teripang memiliki senyawa yang paling berpengaruh bernama lektin.  Senyawa ini memiliki sifat sebagai mitogenik atau dapat berkembang dengan cepat dan antimikroba.  Senyawa lektini di dunia medis dipercaya efektif melawan kanker otot saat percobaan pada tikus dan kanker paru – paru manusia dengan dosis 5 dan 50 mikrogram. Senyawa lektin ini juga memiliki efek positif bagi terapi HIV karena mampu mengurung sel jahat di tubuh.
Pada penelitian di Malaysia dengan kurun waktu selama 8 tahun menunjukkan bahwa teripang dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh dara, penyakit hipertensi, penyakit diabetes mellitus dan mempercepat penyembuhan luka luar ataupun luka dalam.
Kandungan protein yang tinggi ada teripang yang mencapai 82% baik diberikan pada penderita diabetes mellitus.  Protein tinggi ini memiliki peran untuk meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Alhasil, produksi insulin menjadi meningkat.
Teripang juga mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.  Kandungan kondritin sulfat memiliki peran untuk memulihkan penyakit pada sendi. Kandungan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredarah darah yang menggumpal.  Untuk penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.
Menurut riset di Amerika Serikat menunjukkan bahwa teripang memiliki khasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi yang diakibatkan oleh asam urat.  Hal ini akibat dari glukosamin yang merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi pada persendian.
Teripang juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.  Pada penelitian di Taiwan menyatakan bahwa efek penurunan lemak atau hipolipidemik karena senyawa glikosaminoglikan.  Senyawa tersebut terkandung dalam teripang metriatyla scabra.
Manfaat teripang mengatasi penyakit jantung yang diduga karena kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang.  Asupan DHA (asam lemak utama pada otak, retina mata dan sperma) yang tinggi dapat menurunkan trigliserida darah yang memicu penyakit jantung.  Dalam hal ini telah dibuktikan oleh peneliti di Malaysia, peneliti tersebut meneliti kandungan asam lemak pada teripang Stichopus Chloronotus dan hasilnya kandungan DHA pada teripang yang relatif tinggi yaitu 3,69%.

Incoming search terms:

  • obat hiv dalam teripang
  • penelitian medis tentang timun laut