Kegunaan Teh Melati Bagi Tubuh

Kegunaan Teh Melati Bagi TubuhBeragam macam teh yang ada di Indonesia seperti teh melati atau jasmine tea yang masih digemari masyarakaat.  Selain harum dan memberikan nuansa alami, teh melati ini dikenal memiliki banyak khasiat yang menguntungkan bagi tubuh.
Banyak orang yang percaya minum teh dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak stress.  Aromanya yang harum dapat dimanfaatkan untuk aroma terapi, tidak jarang banyak orang yang memilih teh dengan aroma alami, tradisional dan harum.
Teh melati merupakan campuran antara daun teh dan bunga melati.  Teh yang digunakan jenis teh hijau dan jenis melati yang digunakan adalah jasminum officinale atau jasminum sambac.  Meskipun terdiri dari bahan yang sama, teh dan melati, setiap pembeli memiliki resep masing – masing dalam meracik teh melati, bisa dari perbandingan takaran daun teh dan bunga melati atau cara pengolahannya sehingga pembeli akan menemukan kekentalan, kekuatan aroma dan rasa yang berbeda di setiap merk nya.
Beberapa manfaat konsumsi teh melati.
1. Penenang Alami
Pada penelitian di Jepang tahun 2005 menemukan bahwa aroma dari jasmine tea dapat menyeimbangkan denyut jantung dan menghasilkan mood yang tenang dan rileks.  Harumnya aroma teh melati memiliki efek penenang bagi saraf yang sedang dalam keadaan tegang atau stress.  Tetapi yang perlu diperhatikan dalam hal mengkonsumsi teh melati, pastikan anda tidak meminum lebih dari dua cangkir teh melati setiap harinya.
2. Membakar lemak
Teh jasmine dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan karena memiliki kandungan antioksidan dan EGCG yang tinggi sehingga efektif untuk memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh.  Anda dapat menggunakan teh jasmine ini untuk program diet anda.
3. Mengatur kolesterol
Pada tubuh manusia terdapat kolesterol baik dan jahat.  Pada kolesterol jahat bisa menjadi pemicu serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah yang bila dibiarkan terus menumpuk akan menyebabkan stroke.  Bila ingin bebas dari ancaman tersebut, anda dapat memanfaatkan teh melati untuk membantu mengontrol jumlah kolesterol dalam darah.  Teh melati mampu untuk mengurangi asam lemak yang berbahaya seperti kolesterol jahat (HDL), trigliserida dan lipoproteins.
4. Obat awet muda
Antioksidan yang ada pada teh aroma melati ini berguna bagi kesehatan kulit.  Antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan kulit akibat dari radikal bebas dan memperlambat tanda – tanda penuaan.  Bila ingin kulit tampil lebih muda, anda dapat minum secangkir teh melati setiap hari.  Resiko terkenanya kanker juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi teh melati ini.
5. Membuang racun tubuh
Teh melati dapat digunakan sebagai detoks, mengkonsumsi secara rutin, lemak dan racun pada tubuh akan ikut larut melalui buang air kecil.
6. Menyeimbangkan gula dalam darah
Bila ingin mengendalikan jumlah gula dalam darah, anda dapat meminum teh jasmine.  Teh jasmine sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes, tetapi tidak menambahkan gula.
7. Baik untuk usus
Dalam usus, teh melati dapat memecah lemak dan racun dan kemudian dikeluarkan dari tubuh dengan bentuk urin dan tinja.  Bila kondisi usus sehat, anda tidak akan menderita gangguan kembung, pencernaan, atau iritasi usus besar.
8. Teh Melati Juga Bermanfaat Bagi Kulit
Teh melati mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari efek buruk dari lingkungan dan membuat kulit halus dan kencang dengan cara mendukung pembentukan kolagen pada kulit. Antioksidan pada teh melati yang dikenal dengan katekin, didapat dari campuran teh hijau yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat menghindarkan kulit dari jerawat dan masalah kulit yang lain.

Incoming search terms:

  • manfaat teh melati dan cara meminumnya
  • teh melati