Kegunaan Air Kelapa Bagi Kesehatan

Kegunaan Air Kelapa Bagi KesehatanAir kelapa memang mengandung banyak vitamin dan mineral sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti:

• Kalium: dapat menurunkan tekanan darah arteri.
• Glukosa: berperan sebagai gula yang dibutuhkan untuk energi.
• Vitamin C: berperan sebagai perisai tubuh dalam melawan beberapa penyakit.
• Vitamin B: dapat membantu dalam penggantian jaringan yang rusak.

Berikut beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh.
1. Sebagai Pengganti cairan
Air kelapa dapat menggantikan mineral dan cairan yang hilang selama aktivitas fisik
2. Sebagai Anti Penuaan:
Air kelapa yang mengandung asam laurat dan sitokin, dua zat penting dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel.  Air kelapa memiliki sifat anti penuaan, anti karsinogenik dan anti trombisit yang secara signifikan dapat membantu untuk meminimalkan penuaan pada kulit, menyeimbangkan tingkat pH dan dapat menjaga jaringan ikat terhidrasi dan kuat.
3. Untuk Kesehatan Jantung
Air kelapa kaya akan kalium dan magnesium dan sangat membantu penderita tekanan darah rendah.  Air kelapa juga dapat membantu untuk mengurangi resiko serangan jantung, mengatur sirkulasi darah, dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.  Mengkonsumsi air kelapa secara teratur dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan dan mencegah stroke, serangan jantung dan dapat meningkatkan kolesterol baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.
4. Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Mengkonsumsi secara teratur air kelapa dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membantu untuk membakar gula jauh lebih cepat.  Dalam hal ini mengakibatkan tingkat insulin dalam tubuh menjadi terbakar lebih cepat.  Jadi tubuh akan memiliki lebih banyak tenaga dan kehilangan lemak lebih cepat.
5. Melarutkan Batu Ginjal
Air kelapa dapat membantu untuk melarutkan batu ginjal karena adanya kalium yang berperan penting dalam urin alkalizing dan dapat mencegah pembentukan batu ginjal.
6. Untuk Pencernaan
Air kelapa terdiri dari zat enzim bioaktif seperti fosfatase, katalase, asam folat, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polymerase.  Zat enzim ini dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh.  Air kelapa juga memiliki lebih banyak mineral seperti kalsium, mangan dan seng dari buah jeruk.  Air kelapa merupakan sumber vitamin B (tiamin, piridoksin, folat, dan riboflavin) yang baik.  Pada tubuh manusia membutuhkan mereka dari sumber luar untuk mencukupi dan oleh karena itu air kelapa sangat penting bagi tubuh kita.
7. Untuk Meningkatkan Energi
Air kelapa mengandung banyak nutrisi penting, mengandung sedikit sodium dan gula, kandungan kalium yang tinggi, klorida dan kalsium dapat membantu untuk menghidrasi, mencukupi kebutuhan tubuh dan dapat meremajakan tubuh.
8. Mengobati Dehidrasi:
Air kepala dapat mengobati rasa dehidrasi yang disebabkan oleh kolera, diare, flu perut dan disentri.  Keseimbangan elektrolit dan kadar plasma pada air kelapa telah diteliti dan memiliki kesamaan dengan darah manusia. Air kelapa dapat membantu untuk mengembalikan cairan pada tubuh.
9. Mencegah Kram Otot:
Manfaat terbesar yang lain dari air kelapa adalah mencegah kita dari kram otot.
10. Untuk Tulang Kuat
Kandungan kalsium pada air kelapa diperlukan untuk kesehatan pada tulang, otot dan jaringan lainnya.
11. Membantu Mengurangi Stres
Minyak dari kelapa terdiri dari turunan vitamin B seperti tiamin, riboflavin dan asam pantotenat yang dapat membantu untuk mengurangi rasa stress, depresi dan kecemasan.
12. Sebagai Diuretik
Air kelapa sangat efektif sebagai diuretik karena dapat mempercepat aliran urin.  Air kelapa yang dicampur dengan jus lemon tidak hanya dapat menyembuhkan dehidrasi, tetapi dapat juga untuk menyembuhkan cacing usus pada anak – anak.
13. Mengobati Kembung
Air kelapa dapat mengeluarkan angin di perut yang kembung dan dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman.
14. Menurunkan Berat Badan
Air kelapa dapat juga digunakan sebagai cara sehat untuk menurunkan berat badan, karena air kelapa merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun.  Air kelapa telah digunakan selama berabad – abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan berlebih dan telah menunjukkan hasil yang memuaskan.
15. Mengontrol Diabetes
Air kelapa dapat membantu mengontrol diabetes.  Air kelapa bila dikonsumsi secara teratur dapat memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi pada darah dalam tubuh.  Dalam hal ini dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit karena pembentukan plak dan melancarkan peredarah dalam darah.  Air kelapa dapat membantu melawan aterosklerosis.
16. Menetralkan Efek Racun
Air kelapa merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti mulas, sembelit, demam berdarah, disentri dan bahkan dapat juga untuk menetralkan racun.
17. Sebagai Antioksidan
Antioksidan pada air kelapa dapat membantu melawan radikal bebas, mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki, membantu mengatasi efek toksik dari antibiotic dan obat sulfa.