Kebiasaan Orang Jepang Yang Dapat Kita Contoh

Kebiasaan Orang Jepang Yang Dapat Kita ContohDi usia yang sudah lebih dari 100 tahun, dokter yang juga merangkap sebagai kepala rumah sakit di Tokyo ini masih segar.  Dokter tersebut masih berkerja dan aktif menjadi pembicara.  Dokter ini juga penulis yang produktif, semenjak ulang tahun yang ke 75, dokter ini menulis buku hingga 150 buku.
Apa rahasianya panjang umur dan tetap aktif? Shigeaki Hinohara, lahir di Jepang, 4 Oktober 1911 membagi rahasianya:
1. Merasa baik itu penting
Bila dibandingkan dengan makan dan tidur yang cukup, hal yang terpenting adalah merasa baik.
2. Menjaga berat badan
Sebaiknya makan tidak berlebihan dan makan makanan yang sehat.
3. Memiliki rencana ke depan
Untuk mempertahankan kekuatan pikiran dan jiwa, harus konsisten melakukan kegiatan yang positif, kreatif, dan menyenangkan.
4. Nikmati apa yang dikerjakan
Orang yang hidup dan mencintai setiap momen yang dijalani akan mendapatkan energi yang tidak tertandingi.  Dalam hal ini akan membuat kita terus terisi energi setiap saat.
5. Raihlah dan bagikan apa yang telah dipelajari
Orang belajar di mana saya, tetapi jarang ada orang yang mau membagikan apa yang dipelajarinya pada orang lain.
6. Beri kesempatan pada alam
Setiap penyakit memiliki obat.  Namun ilmu pengetahuan kadang menghadapi keterbatasan di mana kita tidak menemukan obat yang tepat. Coba berpaling ke alam dan keindahan.  Mungkin memelihara taman, membesarkan hewan peliharaan, mendengar suara-suara burung.  Ini bisa menjadi obat yang tidak pernah diresepkan oleh para dokter
7. Naik tangga
Otot akan tetap sehat selama tetap digunakan. Karena itu gunakan setiap ada kesempatan.  Jangan lewatkan untuk naik tangga daripada naik lift atau eskalator.
8. Gunakan uang seperlunya
Tidak semuanya uang bisa membeli segalanya.  Gunakan uang seperlunya.
9. Mengharapkan kejadian tak terduga
Hidup itu tidak bisa diprediksi, sehingga hal-hal yang di luar dugaan akan selalu terjadi. Terkadang menyenangkan kadang juga sebaliknya.  Manusia diciptakan untuk dapat berkembang, tidak hanya untuk bertahan hidup.
10. Cari role model
Buat target Anda menjadi orang yang lebih dari rata-rata.  Cari sebanyak mungkin role model (contoh orang sukses) yang bisa menginspirasi anda agar Anda bisa melakukan yang terbaik.
Kebiasaan sehat orang Jepang
Orang Jepang memiliki harapan hidup terpanjang di dunia, wanita Jepang selama 86 tahun dan Pria Jepang 79 tahun.  Dalam hal ini disebabkan orang jepang memiliki kebiasaan sehat yang belum dimiliki orang di negara lain. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang dapat kita tiru.
1. Konsumsi variasi karbohidrat
Orang Jepang memang dikenal sangat selektif dalam hal menjaga kadar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.  Orang jepang juga selalu variasikan makanan yang mengandung karbohidrat.  Tidak seperti kita yang memakan nasi tiga kali sehari, pada sebagian besar orang Jepang punya cukup banyak pilihan karbohidrat selain nasi, seperti udon (mie dari beras), sereal dan soba (mie dari buckle wheat).  Dalam hal ini membantu mereka untuk menjaga kadar karbohidrat yang tidak berlebihan dalam tubuh.
2. Menyukai sayuran
Orang Jepang sangat suka sekali dengan sayuran. Secara umum sayuran sangat bagus untuk kesehatan.  Dalam hal ini, orang Jepang memiliki prestasi kesehatan terbaik di dunia bagi dunia kesehatan.  Sebagian besar komposisi diet makanan di Jepang adalah sayur, seperti acar sayur, tumis sayur dan salad.
3. Mengolah makanan secara sederhana
Cara mengolah makanan yang sederhana adalah direbus, ditumis atau dipanggang.  Cara ini yang dilakukan sebagian besar orang Jepang dalam mengolah makanan.  Dengan cara ini makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat kecil.  Hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.
4. Menguyah makanan secara perlahan
Kuliner di Jepang dikenal dengan kuliner yang menyajikan makanan yang sangat cantik, dari faktor kecantikan makanan ini yang membuat orang Jepang memakan lebih lambat supaya bisa menikmati kecantikan sajian makanan tersebut.  Mengunyah makanan secara perlahan, memberikan sinyal pada otak untuk mengatakan bahwa perut telah kenyang dan saluran pencernaan pun memiliki waktu yang cukup untuk mencerna dengan baik setiap makanan yang masuk.
5. Makan dengan porsi-porsi kecil
Orang Jepang telah terbiasa makan dengan piring dan mangkuk kecil.  Pada penelitian menemukan bahwa manusia cenderung tidak bisa mengukur apa yang mereka makan dan mereka cenderung akan memakan apapun yang telah disediakan.  Dari kebiasaan orang Jepang memilih tempat makan imut ini dipercaya dapat membantu mereka untuk mengontrol porsi makannya. Penyediaan makanan di Jepang ini, membuat seseorang terlatih untuk menahan makanan dan hanya memakan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.
6. Berjalan kaki
Memiliki kebiasaan untuk berjalan kaki sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol baik (HDL), menjaga berat badan, meningkatkan mood, meningkatkan stamina, dan menurunkan resiko diabetes mellitus tipe 2.
Dengan kebiasaan seperti ini bisa dikatakan sudah mendarah daging pada masyarakat Jepang.  Jalan kaki menjadi salah satu keterampilan survival yang diajarkan pada anak – anak.  Kebiasaan ini telah dilatih sejak dini, maka setiap orang akan terbiasa dengan berjalan kaki dengan jarak yang jauh.  Orang Jepang menghabiskan 1 jam sehari untuk berjalan kaki.
7. Minum teh hijau
Kebiasaan sehat lain dari orang Jepang adalah dengan meminum teh hijau. Teh hijau dikenal memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi.  Dari hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG pada teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh manusia.  Nutrisi dari makanan dan kalori dalam tubuh dapat segera diproses menjadi tenaga yang dibutuhkan tubuh.  Meminum teh juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis, kanker, dan jantung.
8. Makan ikan dan rumput laut
Orang Jepang memiliki kebiasaan harian dengan memakan ikan salmon, tuna dan makarel.  Jenis ikan ini diyakini mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker payudara dan penyakit jantung.  Rumput laut juga menjadi salah satu makanan utama orang Jepang, karena rumput laut mengandung banyak vitamin yang berguna bagi kesehatan.