Kalsium Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

Kalsium Dapat Menurunkan Kolesterol JahatKalsium lebih dikenal sebagai zat pelindung utama osteoporosis, proses penipisan pada tulang yang biasanya menyerang kaum wanita dewasa.  Pada penemuan terbaru menunjukkan bahwa kalsium memiliki kegunaan yang semakin banyak bagi kesehatan tubuh.  Kalsium bermanfaat bagi kesehatan tulang, arteri dan jantung, sistem sirkulasi.  Kalsium mampu berperan dalam menurunkan kolesterol tinggi.
Peran kalsium cukup unik pernah dibuktikan pada tahun 1950.  Tetapi khasiat kalsium pada tahun itu kurang mendapat tanggapan.  Para dokter yakin obat anti kolesterol dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Kalsium sampai sekarang masih kalah terkenal dengan obat anti kolesterol, seperti cholestyramine.  Tetapi jaman sekarang tampaknya kalsium dipercaya memiliki khasiat ekstra dari yang diperkirakan para peneliti pada tahun 50an.
Menurunkan kolesterol jahat, kolesterol baik tidak
Kalsium hanya berpengaruh pada jenis kolesterol yang tidak menguntungkan bagi tubuh.  Dengan suplemen kalsium, LDL akan mengalami penurunan yang drastis, sementara pada kolesterol HDL tidak mengalami perubahan.  Pada penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa, seseorang yang mengkonsumsi makanan kaya akan kalsium dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 11% daripada yang tidak mengkonsumsi kalsium.
Peran kalsium yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL diharapkan juga mampu untuk mengurangi resiko penderita penyakit jantung sekitar 20%, salah satu penyakit yang muncul akibat tingginya kadar kolesterol.
Pada penelitian tersebut, diberikan kalsium dengan dosis tinggi yaitu 1.800 mg sehari, tetapi separuh dari dosis itu lebih bermanfaat.  Pada kaum hawa mungkin memerlukan 1.000 mg ekstra kalsium setiap harinya sekaligus untuk melindungi diri dari ancaman osteoporosis tetapi untuk pria mungkin idealnya 800mg.
Pada penelitian ini semakin memperkuat penemuan beberapa tahun sebelumnya tentang peran kalsium untuk mengontrol laju dari kolesterol. Tetapi bedanya, pada penelitian ini kalsium diberikan pada pria dan wanita. Dengan hasil, kadar kolesterol LDL turun 4,4% dan HDL naik 4,1%. Secara teori, kalsium dapat memperkecil resiko penyakit jantung sekitar 10%, tetapi bila di imbangi dengan diet yang baik dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 30%.
Tidak punya efek samping
Pada penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa meskipun khasiat dari kalsium lebih kecil daripada obat anti kolesterol seperti cholestramine, kalsium tidak menimbulkan efek apapun terhadap lemak darah.  Pada obat anti kolesterol dapat memperparah keadaan dan dapat menyebabkan efek samping lainnya.
Kalsium karbonat dipercaya memiliki peran cukup vital untuk mencegah gangguan kardiovaskuler.  Tetapi pada kalsium karbonat belum dapat dipastikan sebelum dilakukan penelitian yang lebih mendalam.
Pada penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa menggunakan kalsium dengan dosis 1.200 mg dan dicampur dengan makanan berguna menyerap lebih banyak gizi.
Bekatul gandum dan sayuran hijau
Konsumsi tambahan kalsium pada makanan dapat dilakukan pada makanan seperti bekatul gandum.  Penurunan lemak darah lebih banyak dilakukan dengan cara menyantap makanan berlemak rendah, tapi bekatul gandum dapat membantu mempercepat proses penurunan pada kolesterol.  Cara ini merupakan salah satu yang dapat dilakukan.  Selain pada bekatul gandum, zat kalsium dapat diperoleh dari sayuran hijau dan brokoli.  Tetapi tidak sembarang sayuran hijau baik untuk mendapatkan kalsium.  Pada bayam, misalnya meski mengandung kalsium, sulit diserap oleh darah dengan cara apapun sayur itu dimasak.  Pada buncis atau kacang – kacangan, terutama pada kedelai, layak dikonsumsi selain memiliki serat yang dapat larut juga dapat membantu menurunkan kolesterol.
Kalsium memanglah bukan satu – satunya zat yang dapat menurunkan kolesterol.  Masih terdapat cara lain seperti menyantap makanan berkadar rendah lemak, makan sayur, buah segar, dan makan makanan berserat. Pada latihan fisik juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, yang nantinya dapat mengikis kolesterol pada hati.
Kalsium masih dalam tahap di teliti.  Ada beberapa orang yang kurang mengkonsumsi makanan alami, padahal tidak menguntungkan bagi kesehatan tubuh secara umum.

Incoming search terms:

  • cara menurunkan kolesterol serta menaik kan kalsium