Jumlah Trombosit Meningkat

Jumlah Trombosit MeningkatTrombosit adala komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.  Jumlah trombosit normal pada tubuh manusia adalah 200.000 – 400.000.  Bila kurang dari itu dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh yang berkurang.
Masyarakat umum hanya mengetahui bila trombosit turun maka akan berbahaya bagi kesehatan, seperti pada penyakit demam berdarah.  Jika jumlah trombosit terlalu tinggi dapat membahayakan kesehatan juga.
Pada jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis.  Bila tidak jelas asal penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut dengan trombositosis esensial.  Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1 juta.  Pada situasi seperti ini harus segera ditangani karena trombositosis esensial ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan.
Penyakit ini timbul pada usia 50 hingga 70 tahun, tetapi dapat juga terjadi pada anak-anak dan remaja.  Penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa dan diketahui pada saat check-up rutin.
Pada hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit, bila terdapat gejala, seperti:
1. Penyumbatan
Pada gejala penyumbatan ini seperti tangan dan kaki yang kram.
2. Nyeri dada, atau terjadi stroke
Trombosit yang merupakan faktor pembekuan berkumpul di pembuluh darah karena jumlahnya yang belebihan sehingga menyumbat aliran darah.
3. Pendarahan
Pada gejala perdarahan dapat timbul pada saluran cerna atau perdarahan pada kulit (dengan munculnya ruam-ruam kemerahan). Situasi ini disebabkan karena trombosit dengan jumlah yang berlebihan yang berbentuk tidak normal sehingga fungsinya sebagai faktor pembekuan juga terganggu.
Bila telah di diagnosis oleh dokter mengalami trombositosis, tidak perlu panic karena telah tersedia obat yang mampu menurunkan jumlah trombosit hingga batas normal dengan pemberian bertahap.

Incoming search terms:

  • trombosit