Jenis Makanan Sebelum Olahraga

Jenis Makanan Sebelum OlahragaOlahraga adalah cara yang dilakukan untuk dapat hidup sehat dan cara untuk menurunkan berat badan.  Jenis olahraga sangat banyak, ada yang sederhana seperti jogging hingga senam atau fitness. Tujuan olahraga adalah untuk menggerakkan tubuh agar tetap melatih dan membakar kalori atau lemak pada tubuh.
Untuk melakukan aktivitas olahraga, tubuh membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas berolahraga.  Oleh sebab itu, berpikiran jangan makan terlebih dahulu itu adalah hal yang salah.  Tetapi apakah semua jenis makanan cocok bila dikonsumsi sebelum berolahraga.  Berikut terdapat beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga:
1. Karbohidrat, protein atau lemak ?
Makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah yang dapat memberikan energi secara langsung, sehingga dapat memberikan bahan bakar untuk melakukan aktivitas berat seperti olahraga.  Jenis makanan mana yang cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga?  Karbohidrat dapat memberikan energy pada tubuh secara langsung untuk melakukan aktivitas.  Protein dan lemak masih membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat dicerna secara sempurna sehingga dapat beresiko mengalami masalah pencernaan pada saat berolahraga.
Dengan begitu porsi yang baik untuk dikonsumsi adalah 3:1.  Dengan perbandingan karbohidrat:protein dan sedikit lemak.  Untuk sumber karbohidrat yang mudah dicerna adalah yang berasal dari buah seperti pisang, nanas, mangga, dll.
2. Karbohidrat olahan atau kompleks
Mengkonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga tidak harus menggunakan karbohidrat olahan, seperti roti, kue dan biskut. Sebaiknya memilih jenis karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat seperti sayuran, biji – bijian dan buah-buahan. Karbohidrat komplek selain kaya serat juga banyak mengandung antioksidan, vitamin, mineral yang membuat jenis makanan ini sangat baik sebelum berolahraga.
3. Minum air putih
Aktivitas olahraga pasti sangat banyak mengeluarkan keringat yang menyebabkan banyaknya kehilangan cairan tubuh dan rasa dehidrasi.  Dehidrasi pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah seperti, sakit kepala, kram, dan kelehahan yang hebat.  Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup sebelum berolahraga.
4.Konsumsi Sodium
Ketika berolahraga banyak cairan elektrolit pada tubuh yang terbuang seperti natrium.  Mengkonsumsi minuman seperti air kelapa atau beberapa minuman elektrolit lain yang dapat menggantikan cairan pada tubuh sebelum berolahraga.
Dengan anda mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebelum melakukan olahraga dapat mendukung mendapatkan manfaat kesehatan dari berolahraga.

Incoming search terms:

  • olahan makanan debelum olahraga