Jangan Sepelekan Batuk Pilek yang Anda Derita

Jangan Sepelekan Batuk PilekKetika musim hujan anda sedang berada pada kondisi puncak, suhu udara menjadi dingin. Pada kondisi seperti itu, bayi dan anak-anak mudah mengalami batuk, pilek atau influenza. Meski batuk dan pilek biasa, para orang tua seharusnya tidak meremehkan penyakit tersebut.

Bila tidak segera diobati, penyakit lain akan timbul. Salah satunya adalah osteomyelitis atau infeksi pada tulang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari saluran pernafasan yang namanya staphylococcus aureus. Bakteri tersebut bisa masuk kedalam peredaran darah anak. Bila sudah seperti itu, bakteri tersebut dapat hinggap pada tulang. Bakteri tersebut berkembang biak dengan baik bila kondisi anak menurun dan kurang gizi.
Gejala yang disebabkan bakteri tersebut adalah munculnya 1-2 minggu setelah anak sembuh dari pilek dan batuk. Tanda-tandanya demam tanpa disertai batuk dan pilek dan anak juga mengalami nyeri pada bagian tulang tertentu seperti tangan. Anak menjadi malas menggerakkan tangan. Sebagai orang tua harus mewaspadai gejala tersebut.

Gejala lain yang ditimbulkan adanya bengkak di daerah yang sakit. Kondisi ini disebut dengan accute osteomyelitis yang bila langsung diobati, infeksi dapat sembuh total dan tidak berdampak banyak pada perkembangan tulang anak.

Lain hal bila telah memasuki tahap chronic osteomyelitis, meskipun dapat sembuh tetapi suatu saat infeksi tersebut dapat kambuh. Bila kondisi tubuh anak menurun maka dapat memicu kambuhnya penyakit tersebut karena bakteri tidak bisa dihilangkan 100%.
Gejala osteomyelitis kronis antara lain, nanah keluar dari tulang yang bengkak. Kondisi tersebut menyebabkan tulang mati. Untuk mengatasinya tulang itu harus dibuang/diambil. Bila tulang tidak dibuang yang terjadi nanah akan terus keluar hingga bau tidak sedap terus menempel pada tubuh anak.

Penyakit ini telah cukup banyak ditemukan di Indonesia. Pada Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya menemukan dalam sebulan paling sedikit terdapat dua penderita osteomyelitis baru yang harus dirawat. Akan tetapi mereka datang dengan kondisi yang terlanjur kronis.

Pada kondisi seperti ini masih banyak orang tua yang meremehkan penyakit yang berawal dari batuk, pilek atau influenza tersebut. Bila penyakit ini tidak segera diatasi dampak yang terjadi dapat membahayakan anak tersebut.

Infeksi tulang 50% lebih banyak menyerang anak-anak dan jarang ditemukan pada orang dewasa. Daya tahan tubuh orang dewasa lebih baik dan struktur tulang orang dewasa juga beda.

Incoming search terms:

  • berawal pilek