Hindari kebiasaan buruk bisa mempertahankan metabolisme tubuh

Hindari kebiasaan buruk bisa mempertahankan metabolisme tubuhTubuh sangat memerlukan metabolisme tubuh.  Sistem metabolisme ini sangat diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh.  Metabolisme yang baik bisa menjaga kestabilan berat badan, melancarkan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan bagi tubuh.
Dalam keseharian ada beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.  Beberapa hal yang dapat mengganggu metabolisme tubuh anda:
1. Kurang mengkonsumsi air putih.
Air putih amat sangat diperlukan bagi tubuh agar semua sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik.  Air putih dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.  Air putih dapat membantu program diet anda.  Sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak – banyaknya.
2. Kurang vitamin D
Kekurangan vitamin D pada tubuh akan membuat hormon ghrelin meningkat.  Fungsi dari hormone ghrelin ini untuk meningkatkan nafsu makan.  Maka kekurangan vitamin D akan membuat badan menjadi gemuk karena metabolisme tubuh menjadi tidak lancar.
3. Hanya melakukan kardio
Kombinasikan latihan kardio dan latihan beban dapat meningkatkan metabolisme tubuh.  Olahraga memang memiliki sifat yang baik tetapi kalau hanya melakukan kardio secara terus menerus akan mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh anda.
4. Sering ngemil larut malam
Pada saat merasa lapar di malam hari, konsumsi camilan yang sehat seperti buah – buahan.  Karena mempunyai kebiasaan ngemil di malam hari dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh anda.
5. Kurang tidur
Kurangnya istirahat atau tidur dapat melemahkan proses hormone kartisol yang dapat memperlambat sistem kekebalan bagi tubuh. Karena di saat metabolisme tubuh melambat, menyebabkan berat badan menjadi bertambah.
6. Stres
Banyak hal negative yang diakibatkan oleh stres.  Selain dapat merasakan depresi, stress dapat menurunkan sistem metabolisme tubuh anda.  Karena itu, bila anda sadar mengalami stress, sebaiknya melakukan beberapa hal yang menyenangkan yang dapat mengurangi tingkat stress anda.
7. Sering mengonsumsi makanan olahan
Perbanyak mengkonsumsi makanan segar dan menyehatkan seperti sayur dan buah – buahan.  Terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan olahan dapat merusak sistem metabolisme tubuh.  Karena makanan olahan merupakan sumber zat kimia dan pengawet yang dapat mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh.
Sebaiknya hindari hal diatas yang menjadi kebiasaan anda.  Gaya hidup dan pola makan yang sehat dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh anda.  Jadi bila badan anda sehat, berat badan pun tetap terjaga.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga berat badan dan kesehatan badan anda.