Gejala Kurang Darah

Gejala Kurang DarahAnemia atau disebut juga dengan kurang darah merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah.  Sel darah merah yang mengandung komposisi hemoglobin yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
Kekurangan sel darah merah dapat mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan beberapa tanda sebagai berikut:
1. Lesu dan lemas
2. Jantung berdebar-debar tidak jelas atau pada saat berolah raga
3. Cepat lelah
4. Napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga
5. Pusing
6. Sulit berkonsentrasi
7. Sakit kepala
8. Pucat
9. Sulit tidur
10. Kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki
Bila mendapatkan gejala dan tanda seperti diatas dalam kurun waktu yang cukup lama, maka periksakan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah.  Bila kadar hemoglobin rendah maka dapat juga disebut dengan anemia. Beberapa penyebab anemia adalah:
1. Kekurangan zat besi,
2. Kehilangan banyak darah seperti saat menstruasi.
3. Kekurangan vitamin B-12,
4. Kehamilan dan
5. Penyakit kronik
Untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.  Pada penanganan anemia, bervariasi mulai dari konsumsi suplemen hingga tindakan medis yang akan disesuaikan dengan penyebabnya.  Penyakit anemia disebabkan karena kurangnya nutrisi tertentu dan dapat dicegah dengan asupan makanan yang baik dan bervariasi.