Gejala Jantung Pada Wanita

Gejala Jantung Pada WanitaGejala jantung pada wanita seringkali mengalami gejala lebih tersembunyi, seperti mudah lelah, dada seperti terbakar, perut tidak merasa nyaman, merasa pusing dan tidur hanya beberapa jam, hari bahkan minggu.

Fatigue atau mudah lelah
Gejala mudah lelah merupakan gejala sering dialami dengan indikasi kurang istirahat, efek samping obat, bisa juga gangguan medis lain. Bila anda merasakan kelelahan yang luar biasa bisa jadi gejala dari serangan jantung. Pada penelusuran membuktikan lebih dari 70% subyek disurvey mengalami mudah lelah pada beberapa hari bahkan minggu sebelum serangan jantung.

Gangguan tidur
Pada suatu riset hampir setengah dari wanita yang mengalami sakit jantung akan mengalami gangguan tidur sebelum terjadi serangan jantung.

Sesak nafas
Pernahkah anda sulit mengambil nafas panjang tetapi anda tidak memiliki sakit asma? Sesak nafas yang anda alami ketika melakukan aktivitas sehari-hari bisa juga gejala awal serangan jantung.
Dada seperti terbakar (heartburn)
Mengalami dada seperti terbakar dan perut tidak nyaman itu dialami hampir 40% oleh wanita yang beberapa saat sebelum mengalami serangan jantung. Bila wanita mengalami serangan jantung maka wanita mengalami masalah saluran pencernaan yang lebih sering daripada pria.

Cemas
Wanita yang mengalami gejala awal serangan jantung memiliki rasa cemas yang luar biasa dan menurut riset lebih dari 1/3 wanita mengalami rasa cemas itu. Bila anda merasakan cemas tanpa sebab dan rasa cemas tersebut tidak seperti biasanya, segera memeriksakan ke dokter.

Nyeri
Nyeri bagian dada pada wanita gejala lama dari penyakit jantung dan wanita yang mengalami gejala nyeri bagian dada hanya 30%. Kebanyakan wanita merasakan nyeri pada bagian punggung, bahu, leher, dan lengan. Yang lebih parah nyeri pada bagian rahang dan tenggorokan.

Pusing dan berkeringat
Pusing atau kepala terasa ringan disertai keringat dingin dialami hampir 40% wanita yang mengalami serangan jantung. Gejala pusing bisa juga gejala stroke. Bila anda mengalami gejala tersebut segera memeriksakan ke dokter terdekat.