Gejala dan Penyebab Asam Lambung

Gejala dan Penyebab Asam LambungAsam lambung adalah salah satu gejala maag yang ditandai dengan terlukanya lambung atau terjadinya peradangan pada organ lambung.  Hal ini terjadi karena pola makan yang tidak teratur yang dapat menyebabkan timbulnya rasa perih dan mual.  Lambung adalah organ yang berfungsi untuk memproduksi asam untuk mencerna makanan secara teratur.  Jadwal makan tidak teratur membuat lambung sulit untuk beradaptasi ketika menjalankan tugasnya.
Bila hal tersebut terjadi secara terus – menerus dalam kurun waktu yang lama, maka dinding lambung akan mengalami dan menyebabkan rasa perih berserta mual.  Asam lambung akan naik ke tenggorokan atau kerongkongan, saluran tenggorokan akan mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kanker.
Gejala Asam Lambung
Berikut ini ada beberapa gejala asam lambung yang berguna untuk anda:
1. Sering merasa mual, bahkan muntah
Rasa mual yang bahkan muntah terjadi karena impuls otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit mengalami iritasi.  Ini adalah tanda bahwa ada penyakit pada dalam tubuh.
2. Perut kembung
Kadar tingginya asam lambung menyebabkan perut menjadi kembung.  Terlebih bila kurangnya enzim pada alat pencernaan.
3. Sering bersendawa
Kebanyakan orang menganggap bahwa sendawa saat perut kembung adalah baik dan sendawa dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut kembung.  Ternyata anggapan itu berlaku sementara.  Sendawa yang terjadi ketika perut kembung hanya akan memperparah keadaan pada perut.
4. Tidak napsu makan
Orang yang menderita asam lambung akan merasa perutnya selalu penuh, penderita akan mengalami perut kembung.  Hal inilah yang dapat menyebabkan penderita kehilangan nafsu makannya.
5. Merasa sakit dan susah saat buang air besar
Pola makan tidak teratur akan berdampak pada susahnya buang air besar (BAB) dan gangguan pada pencernaan juga dapat menyebabkan saluran pembuangan terakhir menjadi terganggu.
6. Ciri lain
Selain gejala diatas dari penyakit asam lambung, ada gejala yang lainnya yang disebabkan oleh asam lambung, seperti tubuh mengeluarkan keringat tanpa sebab, gangguan pencernaan, cegukan, mudah pingsan dan denyut jantung yang bergerak cepat.
Penyebab Asam Lambung
Naiknya asam pada lambung dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.  Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung.  Berikut adalah penyebab asam lambung:
1. Asupan makanan yang kurang baik
Asupan makanan dengan kadar asam yang tinggi menjadi pemicu utama terjadinya asam lambung menjadi naik.  Makanan pada jenis ini dapat menyebabkan produksi asam lambung perut menjadi meningkat dalam jumlah yan banyak.  Dalam hal ini dapat berakibat terserang penyakit maag.
2. Pola makan tidak teratur
Pada pola makan tidak teratur dapat mengakibatkan seseorang mengalami stress.  Stress dapat memicu terjadinya asam lambumg. Penderita merasakan nyeri pada bagian ulu hati karena produksi asam lambung yang meningkat.
Sebaiknya segera lakukan tindakan untuk mengobati asam lambung dengan mengkonsultasikan diri ke dokter atau mengkonsumsi obat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.