Faktor Resiko Berhubungan Dengan Kanker Payudara

Faktor Resiko Berhubungan Dengan Kanker PayudaraKanker payudara adalah jenis penyakit kanker yang tumbuh di bagian payudara, kebanyakan penderita adalah wanita.  Hingga saat ini kanker payudara masih tergolong penyakit mematikan bagi wanita, dengan rata – rata 1 dari 8 wanita di Amerika Serikat terkena kanker payudara. Beberapa wanita memiliki resiko lebih tinggi dari pada yang lain.  Faktor resiko berhubungan dengan kanker payudara akan saya bahas setelah ini.
Beberapa faktor resiko berhubungan dengan kanker payudara:
1. Usia
Resiko pada penyakit kanker payudara meningkat tergantung pada usia seorang wanita, pada penelitian di Amerika Serikat wanita yang berusia sekitar 30 tahun di diagnosa dengan kanker payudara, untuk wanita yang berusia diatas 70 tahun dengan jumlah yang semakin meningkat menjadi 1 dari 26 wanita.
2. Riwayat kanker payudara
Seseorang wanita dapat mungkin di diagnosis kanker payudara bila telah terkena penyakit tersebut sebelumnya.  Bila seseorang wanita pernah terkena kanker pada salah satu payudara, tinggi kemungkinan kanker tersebut akan menyebar ke payudara lainnya.
3. Riwayat keluarga
Resiko kanker payudara dapat meningkat bila seseorang wanita yang memiliki ibu, saudara wanita atau anak yang sebelumnya telah di diagnosis dengan penyakit kanker payudara.  Resiko ini dapat meningkat bila jumlah anggota keluarga yang di diagnosis lebih dari satu orang.
4. Mutasi genetic
Seorang wanita dengan mutasi pada gen BRCA1 atau gen BRCA2 sekitar 5 kali lebih mungkin didiagnosis dengan kanker payudara. Tetapi kurang dari satu persen dari wanita yang memiliki mutasi gen ini.
5. Memiliki jaringan payudara padat
Resiko pada kanker payudara pada seorang wanita dapat meningkat bila wanita memiliki jaringan payudara yang lebih padat.
6. Terdapat perubahan payudara non-kanker
Perubahan pada payudara non kanker seperti hyperplasia atipikal (peningkatan pada jaringan payudara abnormal), lobular karsinoma in situ (sel – sel abnormal pada kelenjar penghasil susu) dan karsinoma duktal in situ (sel – sel abnormal pada lapisan payudara) yang diketahui meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita.
7. Periode haid lebih dini
Seorang wanita yang memiliki periode haid pertama kali pada usia dibawah 12 tahun dapat memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi.
8. Usia kehamilan
Resiko kanker payudara pada seorang wanita akan meningkat bila hamil diatas 30 tahun atau tidak memiliki anak sama sekali. Sebaliknya, resiko ini akan berkurang bila hamil dan memiliki anak pada usia sekitar 20 tahunan.
9. Usia menopause
Seorang wanita yang mengalami menopause setelah usia 55 tahun akan memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi.
10. Terapi hormone
Terapi hormone seperti mengkonsumsi asupan esterogen dan progestin suplemen lebih dari lima tahun dapat meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita.
11. Paparan radiasi di dada
Resiko pada kanker payudara seorang wanita dapat meningkat bila sudah sering memiliki terapi radiasi ke bagian dada, terutama pada masa pubertas.
12. Berat badan dan aktivitas fisik
Seorang wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas dapat memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi.  Tetapi tidak aktif secara fisik juga dapat meningkatkan resiko pada kanker payudara.  Sebaiknya biasakan untuk berolahraga dengan teratur untuk membantu menurunkan resiko kanker payudara tersebut.
13. Konsumsi alkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari satu gelas setiap hari dapat meningkatkan resiko kanker payudara seorang wanita.
14. Konsumsi obat
Seorang wanita yang mengkonsumsi obat DES selama kehamilan untuk mencegah keguguran dapat meningkatkan resiko kanker payudara.
15. Aktivitas menyusui
Kegiatan menyusui sangat bermanfaat tidak hanya bagi bayi, tetapi bagi para ibu.  Ternyata kegiatan menyusui dapat menurunkan resiko seorang wanita untuk terkena kanker payudara.
16. Ras
Di negara Amerika Serikat wanita yang berkulit putih memiliki jumlah penyandan penyakit kanker payudara tertinggi.  Tetapi pada ras Afrika – Amerika justru lebih beresiko meninggal disebabkan oleh kanker payudara karena lebih lama didiagnosis yang pengobatannya akan terlambat.
Beberapa informasi tentang resiko berhubungan dengan kanker payudara, semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan bagi anda.