Dampak Musim Hujan bagi kesehatan

Dampak Musim Hujan Bagi KesehatanSaat kita sedang menghadapi musim hujan dan bagi sebagian orang yang terkena musim hujan dapat menimbulkan timbulnya berbagai macam penyakit, seperti demam, flu, batuk, dll. Pada kondisi seperti ini disebabkan oleh suhu yang relatif lebih dingin dan air hujan yang menggenang bisa saja mengandung kuman yang membawa penyakit.  Pada umumnya yang membuat terkena sakit, karena adanya perbedaan pada suhu tubuh kita dan kepala yang terkena air hujan akan menjadi lebih dingin bila dibandingkan dengan suhu tubuh lain.  Beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan:
1. Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan
Sedia payung sebelum hujan salah satu cara yang tepat untuk melindungi diri anda.  Bila mengendarai sepeda motor, pastikan memakai jaket dan jas hujan saat berkendara saat hujan.  Air hujan tidaklah selalu bersih dan mengandung partikel-partikel polusi. Sebaiknya segera mandi dan keramas saat kehujanan.
2. Selalu Cuci Tangan dan Sikat Gigi
Membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah ke toilet.  Hal ini wajib dilakukan saat musim hujan, karena pada tangan ketika setelah kehujanan terdapat virus dan bakteri yang menyebabkan sakit.
3. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah.
Virus akan mudah masuk ke tubuh melalui hidung, mulut dan mata, sebaiknya tidak terlalu sering menyentuh wajah kecuali tangan dalam keadaan bersih.
4. Minum Air
Walaupun hujan turun, tetapi tubuh tetap membutuhkan cairan supaya tetap kuat beraktivitas. Pada musim hujan, keringat tidak mudah menguap karena tingkat kelembaban yang tinggi. Sebaiknya selalu mengkonsumsi air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan juga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Anda dapat mengkonsumsi minuman alternative seperti teh jasmine, green tea dan chamomile untuk menjaga kesehatan.
5. Sediakan Minuman Hangat
Musim hujan yang sangat dingin, membuat suhu tubuh kita menjadi dingin yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sediakan bahan untuk membuat minuman hangat yang dapat membuat tubuh menjadi hangat. Anda bisa membuat lemon, madu, teh, jahe atau minuman hangat yang anda suka.
6. Konsumsi makanan secara seimbang
Musim hujan membuat proses pencernaan sedikit melambat. Sebaiknya anda memakan hanya saat lapar dengan takaran secukupnya, untuk membantu meningkatkan kekebalan pada tubuh dan secara bersama-sama membantu proses pencernaan dan mencegah infeksi. Perbanyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan hidangan rempah-rempah.
7. Istirahat Cukup dan berolahraga
Hujan di pagi dan malam hari sangat mengganggu olahraga rutin anda, tetapi anda bisa latihan ringan di rumah seperti sit-up, membungkukkan badan untuk meregangkan otot atau lainnya yang bisa dilakukan di dalam ruangan.
8. Jagalah Kebersihan Rumah
Musim hujan menyebabkan banyak penyakit, terutama demam berdarah. Karena banyaknya air yang tergenang tidak dipungkiri nyamuk Aides Aegepty berkembang biak. Sebaiknya bersihkan tempat tinggal dan buang sampah yang menumpuk serta menutup genangan air.
Penyakit Pada Musim hujan:
1. Penyakit Diare
Penyakit diare termasuk dalam kebersihan individu. Saat musim hujan dengan curah hujan tinggi maka potensi banjir meningkat. Banjir berhubungan dengan kebersihan, di saat banjir sumber-sumber air minum masyarakat khususnya dari air sumur akan ikut tercemar sehingga ketersediaan air bersih menjadi terbatas dan dapat menimbulkan penyakit diare.
Untuk menanggulangi diare sebaiknya mencuci tangan dengan sabun setiap akan makan dan setelah buang air besar, merebus air hingga mendidih, hindari tumpukan sampah, menjaga kebersihan lingkungan.
2. Demam Berdarah
Penyakit demam berdarah adalah momok bagi musim hujan karena meningkatnya tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti. Pada musim hujan terdapat banyak genangan air dan sampah yang menjadi pemicu berkembang biaknya nyamuk.
Sebaiknya melakukan gerakan 3M yaitu Mengubur kaleng bekas, Menguras bak air dengan teratur dan Menutup penyimpanan air dengan rapat.
3. Leptospirosis
Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis yang disebabkan bakteri leptospira dan ditularkan melalui hewan. Di Indonesia hewan yang dapat menularkan penyakit adalah tikus melalui kotoran air kencing. Beberapa langkah mengantisipasi Leptospirosis adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan hindari bermain saat banjir, gunakan pelindung seperti sepatu
4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus dan mikroba lainnua. Gejala utama penyakit ini berupa batuk, demam dan disertai nafas panjang, rasa nyeri di dada. Salah satu tempat yang dapat terjangkit penyakit ini adalah pengungsian.
5. Penyakit kulit.
Penyakit kulit yang berupa infeksi atau alergi karena kebersihan yang tidak dijaga dengan baik. Sama seperti ISPA cara penularan penyakit kulit.
6. Penyakit saluran cerna
Penyakit saluran cerna seperti demam tifoid. Kebersihana makanan memegang peran penting terjangkitnya penyakitini. Penyakit ini dapat memperburuk penyakit kronik yang sudah lama diderita karena penurunan daya tahan tubuh akibat musim hujan.

Incoming search terms:

  • contoh dampak musim hujan
  • dampak hujan bagi pelajar
  • dampak hujan diare
  • dampak musim hujan bagi hewan adalah
  • pengaruh cuaca hujan pada kesehatan
  • pengaruh cuaca hujan pada kesehatan#spf=1