Ciri – Ciri Gangguan Pada Liver

Ciri – Ciri Gangguan Pada LiverLiver atau hati merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh manusia. Gangguan pada hati dapat menyebabkan seseorang dapat terserang penyakit hepatitis, usus, kerusakan pada pankreas dan komplikasi lain. Gangguan liver pada dasarnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, banyaknya mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda akan memicu gangguan pada fungsi hati.
Liver mempunyai lebih dari 500 fungsi dalam tubuh, termasuk memproduksi cairan empedu untuk proses pencernaan, menyaring racun dalam darah dan mengatur hemoglobin dalam darah.  Bila liver mengalami gangguan maka kesehatan tubuh dalam bahaya.  Liver tidak dapat menyaring racun dalam darah dan akhirnya racun akan menyebar keseluruh tubuh, racun tesebut akan menyebabkan berbagai macam jenis penyakit dalam tubuh.
Cara mengetahui gejala gangguan pada liver, seperti:
1. Warna kuning
Tanda ini adalah tanda yang sangat umum dan tidak boleh diabaikan. Warna kuning ini muncul pada mata, kulit tubuh, kuku dan tangan.  Tanda ini juga ditunjukkan oleh perubahan warna urin yang berwarna kuning pekat, akibat dari kelebihan cairan di empedu.
2. Mual-mual
Rasa mual dan muntah secara terus – menerus.  Kelebihan cairan di empedu akan menyebabkan rasa mual dan muntah dan bahkan bisa menyebabkan muntah dengan darah.
3. Pembengkakan pada perut
Ketika adanya pembengkakan di bagian perut, perlu diketahui penyebabnya.  Pembengkakan bagian perut ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal, salah satu penyebabnya adalah kerusakan liver pada tubuh yang cukup parah.
4. Rasa kantuk
Ketika seseorang mengalami gangguan pada liver, rasa kantung seringkali menyerang dan diikuti dengan tanda diatas.  Sebaiknya anda periksakan gejala ini ke dokter.
5. Respon melambat
Ketika terjadinya kerusakan yang cukup parah pada liver, penurunan fungsi otak akan menyebabkan melambatnya respon.  Bila tanda ini muncul, anda harus segera pergi ke dokter atau rumah sakit.
6. Bau mulut yang menyengat
Gejala bau mulut ini seperti ikan busuk atau bawang busuk yang menjadi salah satu akibat dari gejala gangguan pada liver.  Karena, adanya kelebihan ammonia yang diproduksi dalam tubuh.
7. Lingkaran gelap pada mata
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lingkaran gelap pada bagian atas and bawah mata berhubungan dengan kerusakan liver.  Pada dasarnya banyak yang memiliki anggapan bahwa lingkaran hitam di bagian mata hanyalah bentuk dari kelelahan pada tubuh.  Hitamnya lingkaran pada mata adalah tanda bahwa seseorang terserang gangguan liver.
Selain tanda diatas, ada beberapa tanda yang dapat anda cermati:
1. Terjadi masalah pada kulit, seperti gatal, jerawat, psoriasis, kulit kering, dan eksim.
2. Sering terjadinya perdarahan pada hidung dan mudah memar adalah salah satu tanda kekurangan protein.
3. Seringnya merasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil.
4. Sering pusing, kejang, lelah, lesu, lemah, sakit kepala dan bahkan depresi.
Tips untuk mencegah tertular penyakit hati:
1. Perhatikan kebersihan.
Sebaiknya sesering mungkin untuk cuci tangan menggunakan sabun untuk terhindar dari infeksi virus dan parasit dalam hati yang berasal dari luar, seperti pada makanan yang tidak bersih.
2. Hindari zat yang beracun dan kelebihan asupan alkohol dapat meningkatkan resiko terhadap gangguan pada liver.
3. Mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang dan terjaga kebersihannya sehingga akan terhindar dari resiko terkontaminasinya kuman.  Metode kebersihan ini dapat anda mulai dari pemilihan bahan, mencuci bahan dan mengolah bahan.
4. Hindari makanan yang berjamur dan kacang dengan bau tengik, karena biasanya mengandung zat aflatoksin yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati.
5. Hindai menggunakan barang pribadi, seperti gunting kuku, pisau cukur secara bersaaman untuk menghindari penularan virus hepatitis.
6. Sebaiknya tidak sembarangan meminum obat dan menghindari obat secara berlebihan.  Bila pemakaian tidak tepat akan meracuni liver.