Cara Menjaga Agar Mata Tetap Cantik

Ada ungkapan dari mata turun ke hati. Ungkapan ini mengandung pesan yang kuat bahwa penting sekali untuk senantiasa menjaga kesehatan mata kita semua. Mata harus selalu dijaga dari segala macam gangguan dan penyakit seperti contohnya: rabun, baik rabun dekat atau rabun jauh, miopi, hipermetropi, katarak, glaukoma dll.

Menjaga Mata Tetap Cantik

Seringkali gangguan mata atau penyakit pada mata tercetus oleh kebiasaan sehari hari yang kurang menguntungkan bagi kesehatan mata. Misalnyaa rabun dekat atau miopi biasanya seringkali menyerang ke orang orang yang senang membaca dengan jarak terlalu dekat.

Beberapa tips berikut ini sebaiknya Anda baca agar terhindar dari gangguan mata sedari awal:

1. Makanan sehat untuk mata

Konsumsi makanan dengan nutrisi yang tinggi dan gizi yang tinggi dapat melindungi mata kita sejak dini sangatlah baik. Nutrisi seperti omega 3, lutein, zinc, vitamin c dan vitamin E akan sangat membantu menjaga mata kita terhadap penyakit mata yang membutakan nomer satu saat ini yaitu penyakit katarak. Menjaga pola makan yang baik dan sehat juga menunjang terjadinya diabetes. Diabetes ini penyebab utama hilangnya penglihatan pada usia dewasa.

2. Stop merokok

Katarak adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh merokok karena kerusakan pada saraf mata, dan penyakit degenerasi makular. Tips untuk mengurangi merokok adalah Anda tidak boleh menyerah untuk berhenti merokok. Bila sudah bisa berhenti merokok dan merokok lagi, tetaplah berusaha untuk berhenti. Semakin sering Anda berusaha menghentikan merokok maka kemungkinan besar Anda akan benar benar berhenti merokok. Jadi jangan lah pernah berhenti. Terus berusaha untuk stop merokok, supaya saat usaha Anda akan berhasil.

3. Mengenakan kacamata

Selain sebagai fashion kacamata juga bisa membantu untuk melindungi mata dari pancaran uv penyebab katarak dan degenerasi macular. Pilih kacamata yang bisa menghalangi 99 persen hingga 100 persen sinar UVA dan UVB. Selain kacamata, kini kontak lens pun juga ada penawaran untuk proteksi terhadap sinar UV ini. Jadi selain fashion, kacamata sangatlah banyak gunanya.

4. Aman dengan kacamata pelindung

Bila Anda bekerja di lingkungan yang banyak mengandung material berbahaya bagi mata, maka sangatlah perlu bila Anda menggunakan kacamata sebagai pelindung mata Anda. Gunakan selalu kacamata saat bekerja. Kacamata juga bisa sebagai pelindung untuk mencegah mata terluka saat di aktifitas olah raga, sperti hoki, tenis atau bulutangkis.

5. Aman terhadap monitor komputer

Terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan gangguan pada mata seperti: kabur, rabun jauh, pusing pusing, mata kering, sakit punggung, leher dan bahu. Pakailah kacamata khusus untuk komputer sehingga mata menjadi lebih aman dari pancaraan sinar monitor komputer.

Beberapa tips saat berada di depan monitor komputer:

  • Gunakan kacamata atau kontak lens yang dipergunakan untuk di depan monitor.
  • Posisi monitor selevel dengan mata sehingga tidak perlu menunduk
  • Gunakan pelindung layar monitor computer yang tidak memantulkan sinar matahari untuk melindungi mata dari paparan sinar yang keluar dari monitor komputer.
  • Sering lah berkedip untuk hindari mata menjadi kering.
  • Setiap 20 menit, relaxkan mata dengan melihat benda jauh sejauh 20 kaki atau lebih selama 20 detik.