Cara Mengatasi Susah Tidur

Cara Mengatasi Susah TidurSemua orang yang hidup di perkotaan, waktunya habis di jalan.  Saat tiba di rumah malam hari dan subuh berangkat lagi untuk tidak terjebak macet.  Terkadang sulit untuk mendapatkan jam tidur yang cukup karena susah untuk tidur.  Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi masalah susah tidur (insomnia).  Ada beberapa cara lebih mudah untuk terlelap di malam hari, yaitu:
1. Buat jadwal tidur yang teratur.
Tidur di malam hari dan bangun di pagi hari dengan jam yang sama setiap harinya dapat memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.
2. Buat lingkungan tidur yang baik.
Menjaga kondisi kamar tidur setenang dan segelap mungkin, suhu kamar tidak terlalu dingin atau panas.  Temperature, suara dan pencahayaan diatur sehingga lingkungan tempat tidur dapat membantu untuk lebih mudah terlelap dan tidak terjada pada dini hari.
3. Pastikan tempat tidur nyaman.
Susahnya untuk tidur di tempat tidur yang terlalu lembut atau keras atau bisa juga terlalu kecil.
4. Berolahraga teratur.
Melakukan olahraga teratur seperti bejalan dan renang.  Hindari melakukan olahraga yang terlalu berat dan dekat dengan jam tidur anda.
5. Kurangi kafein.
Mengurangi stimulant seperti kafein pada kopi dan teh pada malam hari.  Dampak kafein dapat bertahan hingga 24 jam dan dapat mengganggu proses tidur dan mencegah tidur malam.  Sebaiknya meminum susu hangat sebagai alternatif pengganti kafein di malam hari.
6. Tidak memakan atau minum – minuman ber-alkohol berlebihan pada malam hari.
Alkohol akan mengganggu tidur anda pada malam hari.
7. Jangan merokok.
Pada perokok akan lebih sulit tidur dan terbangun lebih sering. Perokok juga dalam tidurnya lebih sering mengalami gangguan.
8. Coba rileks sebelum tidur.
Sebelum tidur, boleh juga mandi dengan air hangat sambil mendengarkan musik yang pelan, dan bisa juga melakukan yoga sejenak untuk menenangkan pikiran.
9. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan esok harinya.
Meluangkan waktu sejenak sebelum tidur untuk menulis hal yang harus dilakukan esok hari untuk mencegah kebiasaan melakukannya di tempat tidur yang menyebabkan tidak bisa tidur.
10. Bila tidak dapat tidur, jangan bertahan di tempat tidur.
Bila tidak bisa tidur, sebaiknya anda bangun dan melakukan aktivitas yang dapat membuat diri anda menjadi santai hingga mengantuk kembali.
11. Menempatkan leher pada posisi netral.
Terkadang bila sewaktu anda bangun tidur dengan kondisi leher yang kaku, berarti bantal anda yang tidak cocok anda gunakan pada bantal yang terlalu tebal atau tipis.  Bantal yang pas adalah berukuran tepat untuk leher anda pada posisi yang netral.  Pada posisi tidur menyamping, hidung sejajar dengan pusat tubuh. Sebaiknya hindari posisi telungkup, posisi ini dapat melilit leher anda.
12. Gunakan Obat Tidur Sesuai Resep Dokter
Seseorang yang susah untuk tertidur terbesit pikiran untuk menggunakan obat tidur, tetapi berhati – hatilah menggunakan obat tidur. Pada obat tidur dapat menyebabkan kecanduan dan memiliki efek samping yang sangat mengganggu.  Umumnya, obat tidur dikonsumsi dengan jangka waktu yang pendek dan bukan untuk dikonsumsi sehari – hari.
13. Segera Konsultasi ke Dokter
Bila tingkat kesulitan tidur anda tergolong rendah, tips ini dapat membantu anda untuk terlelap di malam hari.  Tetapi bila dengan waktu satu bulan masih sulit untuk tidur, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuh anda. Sulit tidur bisa hanya sebuah gejala terhadap suatu penyakit yang lebih serius. Insomnia kronis perlu untuk evaluasi ke dokter.
Pada kebiasaan tidur yang baik dapat mengurangi kurangnya energi pada siang hari dan menjadikan kerja lebih semangat dan efektif.