Cara Makan Gorengan yang Sehat

Di masyarakat kita, masyarakat Indonesia sudahlah sangat lazim mulai dari anak kecil hingga orang dewasa membeli makanan kecil untuk dikonsumsi baik saat santai bersama keluarga atau teman, maupun saat menonton televisi ataupun acara acara lain nya. Namun kita juga harus pintar pintar untuk memilih jajanan yang kita beli tidak hanya enak untuk dimakan tetapi juga aman untuk tubuh kita. Agar supaya kita terhindari dari berbagai macam efek jelek yang menimbulkan penyakit tentunya.

Makan Gorengan Yang Sehat

Banyak jenis makanan kecil atau jajanan yang dibeli oleh orang orang. Salah satunya adalah gorengan. Banyak penjual gorengan mulai kaki lima hingga di restoran restoran. Gorengan ini banyak digemari karena selain rasanya yang enak, harganya juga terjangkau dan mudah didapatkan dimana mana. Di pinggir jalanpun kita sangat mudah menemukan jajanan gorengan ini.

Namun banyak sekali kita mendengar dari kalangan ahli gizi ataupun orang orang terpelajar yang tidak suka membeli gorengan pinggiran ini. Banyak dari mereka mengakatan jenis makanan ini kurang sehat atau tidak baik bila dikonsumsi apalagi bila berlebihan. Mulai dari bahaya kolesterolnya, yang bisa berakibat penyumbatan pembuluh darah, bahkan kegemukan.

Namun Anda tidak perlu kuatir berlebihan terdapat pendapat pendapat seperti ini, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan bila Anda mau makan gorengan dengan aman. Berikut penjelasan lebih mendetilnya.

1. Beli Gorengan
Saat membeli gorengan ini sebaiknya Anda perhatikan kebersihan dari tempat penjual gorengan tersebut. Lokasi penjualannya dan cara pembuatan nya. Makanan yang dijual di pinggir jalan tentu saja gampang sekali terkena debu debu kendaraaan yang ada di sekitar tempat berjualnya gorengan ini. Jadi yang penting diperhatikan adalah kebersihan nya, berikutnya tentu saja Anda harus mempercayai pedagang gorengan tersebut.

2. Pedagang gorengan dapat dipercaya
Beberapa waktu yang lalu sempat di beritakan bahwa ada penjual gorengan yang memasukkan plastik ke dalam gorengan mereka. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi pada anda kan?

Kantung plastik yang dimasukkan ke dalam gorengan bisa membuat gorengan menjadi lebih crispy dan enak. Namun hal ini jelas jelas sangat berbahaya untuk dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Plastik mengandung bahan melamin. Bila bahan ini diserap oleh tubuh maka akan membentuk kristal kristal di ginjal. Hal ini bisa berakibat gangguan fungsi ginjal seperti terjadinya batu di saluran kemih atau batu ginjal, hingga bisa berlanjut ke gagal ginjal hingga kematian.

3. Kolesterol, No way gorengan!
Selain bahaya kontaminasi kotoran dan melamin, gorengan seringkali menggunakan minyak yang berulang ulang. Jika Anda mempunyai riwayat kolesterol sebaiknya batasi dan perhatikan seberapa banyak anda konsumsi gorengan ini.

Bisa jadi minyak goreng yang dipergunakan tanpa kolesterol, namun kolesterol bisa terbentuk kemudian setelah disantap melalui proses pencernaan di dalam tubuh kita.

4. Diet, hindari gorengan
Minyak yang digunakan di dalam gorengan sangat besar potensinya untuk tertimbun di dalam tubuh. Jika anda dalam program diet atau ingin menurunkan berat badan maka sebaiknya makanan gorengan dihindari dulu.

Jangan konsumsi gorengan disaat anda berkehendak untuk melalukan diet, kecuali diimbangi dengan aktifitas penyeimbang seperti jogging, lari, berenang atau aktifitas olah raga yang lain nya (terutama yang bersifat kardio)

5. Kurangi rokok, kopi, lakukan olah raga
Memang enak menikmati gorengan ditemani rokok dan kopi. Namun ketiga hal ini sebaiknya tidak anda lakukan bila ingin hidup secara sehat. Timbunan lemak yang diakibatkan tidak baik untuk tubuh manusia.

Anda bisa mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah dengan melakukan olah raga. Aktifitas ini bisa memperlancar peredaran darah sehingga membuka pembuluh darah lebih cepat untuk mengalir dan mencegah terjadinya penyumbatan.

Dengan membaca ini semoga Anda makin mengerti dan bisa menjalani hidup dengan lebih sehat dan bugar selalu. Salam!

Incoming search terms:

  • makan gorengan yv banyak dan aman