Cara Alami Mengatasi Luka Bakar

Cara Alami Mengatasi Luka BakarSetiap orang sebagian besar pernah mengalami luka bakar, baik itu diakibatkan oleh tersiram air panas, terkena benda panas, dan bahkan terkena sengatan listrik.  Saat kulit melepuh karena tersiram minyak panas atau air panas, kebanyakan orang langsung mengolesi luka bakar dengan pasta gigi.  Pasien dengan luka bakar ketika tiba di rumah sakit seringkali sudah dalam keadaan dilumuri oleh unsure aneh termasuk kecap atau mentega dan bahkan dengan minyak tanah.  Cara seperti ini adalah cara yang salah dan dapat membuat luka semakin parah.  Kulit yang terkena luka bakar, umumnya terasa panas dan seperti orang melepuh sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di badan.
Berikut langkah perawatan yang dapat anda lakukan:
1. Ketika terkena benda atau cairan yang panas, langsung singkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan dengan segera, jangan sampai benda atau cairan panas tersebut mengenai pakaian yang lelehannya dapat jatuh ke kulit anda.
2. Segera mungkin basuh luka dengan air dingin.  Sekitar 15 menit atau lebih hingga luka terlihat lebih baik.  Dalam hal ini untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat dengan tujuan agar panas tidak masuk dan menjalar ke jaringan yang lebih dalam dan untuk melokalisir kerusakan pada jaringan agar tidak meluas.  Kompres luka dengan air kasa, sebaiknya tidak menggunakan kapas atau bahan lain yang bisa menempel di kulit.
3. Jangan lakukan kegiatan dengan mengoleskan pasta gigi, mentega atau salep pada luka bakar.  Karena luka bakar akan menjadi semakin parah, air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.
4. Segera periksa luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Bila terinfeksi bakteri setelah mengalami luka tersebut anda akan mengalami demam, radang dan luka akan mengeluarkan nanah.
5. Bila anda mengalami luka bakar cukup serius, sebaiknya langsung bawa saja ke dokter atau rumah sakit.  Karena bisa jadi jaringan kulit anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh yang lain.
Cara Alami Mengatasi Dan Mengobati Luka Bakar Ringan
1. Mentimun dan Kentang
Anda dapat mengambil sepoting mentimun dan kentang dengan pebandingan yang sama.  Kupas dan cuci hingga bersih, haluskan dengan blender, oleskan pada luka bakar.  Campuran mentimun dan kentang akan menyerap panas dalam kulit dengan baik.  Kentang mengandung anti peradangan. Kadar air yang ada pada mentimun membuat kulit menjadi dingin dan luka bakar membaik.  Biarkan kulit yang terbakar hingga mengering, bilas dengan air dingin.
2. Lidah buaya
Ambil sebatang lidah buaya, ambil dagingnya. Lidah buaya dapat digunakan secara aman pada kulit yang terkena luka bakar.  Oles pada kulit yang terkena luka bakar.  Lidah buaya dapat meredam panas dan sakit pada luka bakar. Sehingga luka bakar akan cepat pulih dan membaik.  Selain langsung diolekan, anda dapat menghaluskan dengan blender terlebih dahulu dan oleskan pada kulit luka bakar.
3. Baking Soda
Campur 3 – 4 sdm baking soda denan air, rendam kapas dalam larutan baking soda.  Kompres luka bakar dengan larutan baking soda.  Diamkan selama 5 – 10 menit, lalu bila dengan air dingin.
4. Lemon
Peras sari lemon dan campurkan dengan sedikit air, olekan pada kulit yang terbakar (sinar matahari).  Ekstrak lemon memiliki manfaat sebagai vitamin C yang sangat cepat untuk menyembuhkan kulit yang terbakar.
5. Tomat dan stroberi
Ambil tomat dan buah strawberry dengan perbandingan sama.  Cuci bersih dan blender, oleskan krim ini pada kulit yang terbakar.  Bahan ini sangat cocok untuk meredam sakit kemerahan pada kulit yang terpapar sinar matahari.  Kandungan air dan vitamin C alami campuran tomat dan strawberry terbukti meredam luka bakar sengatan matahari, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar.
6. Susu atau Yoghurt
Menggunakan susu cair murni atau yoghurt plain utuk mengompres kulit yang terbakar matahari.  Biarkan selama beberapa menit, bilas dengan air dingin.  Susu atau yoghurt ini memiliki manfaat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terpapar sinar matahari.
7. Oatmeal (Havermut)
Oatmel juga dapat menjadi obat yang berguna untuk luka bakar matahari. Campur oatmeal dengan air hingga membentuk pasta.  Oleskan pasta oatmeal pada luka bakar yang disebabkan oleh matahari, cara ini memiliki efek untuk mendinginkan kulit.  Tunggu sejenak hingga mengering, bilas dengan air dingin.
8. Teh Celup
Perawatan ini juga dapat membantu untuk luka bakar matahari di daerah mata.  Bila anda berlibur di pantai, lupa memakai kacamata hitam akan rentan terkena luka bakar di daearah mata.  Sebaiknya rendam kantong teh celup dalam air dingin dan biarkan selama bebeapa menit.  Kemudian kompreskan kantong tersebut untuk luka bakar di daerah mata.  Asam tannic pada teh dapat membantu meringan rasa sakit terbakar akibat dari paparan sinar matahari.
Bahan alami tersebut sebaiknya digunakan pada luka bakar ringan dengan tambahan tidak ada luka yang terbuka.
Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar
1. Menggunakan putih telur
Putih telur dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka bakar, dengan mencampurkan putih telur dengan madu, aduk ramuan ini hingga merata.  Lalu oleskan ramuan ini pada bekas luka bakar, lakukan dengan teratur hingga bekas luka bakar hilang.  Ramuan ini dapat digunakan untuk menghilangkan flek – flek hitam pada muka.
2. Menggunakan Ampas teh
Teh yang telah anda gunakan dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka bakar dengan cara menggosokkan bekas luka bakar dengan ampas teh (teh yang telah dipakai), lakukan ini dengan teratur minimal dua kali seminggu.
3. Menggunakan Buah Pare
Ambil buah pare dan tumbuk hingga halus, ambil sarinya.  Campurkan dengan beras hingga berbentuk krim.  Basuh bekas luka bakar dengan air hangat, oleskan ramuan buah pare ini di bekas luka bakar anda.

Incoming search terms:

  • kulit terbakar setelah memakai kozui sliming suit
  • luka bakar akibat benda menempel dikulit
  • luka bakar kenak listrik menjadi demam
  • obat nyembuhin luka bakar sama mentega