Beberapa Faktor Resiko Diabetes Mellitus

Beberapa Faktor Resiko Diabetes MellitusKencing manis atau disebut juga dengan diabetes mellitus merupakan suatu penyakit metabolic dengan karakteristik hiperglikemia (kadar gula darah tinggi).  Pada kondisi normal, makanan yang kita makan akan di metabolisme oleh tubuh menjadi glukosa dan digunakan sebagai energy.  Insulin, hormone yang dihasilkan oleh pankreas, berguna untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh.
Bila anda menderita diabetes, tubuh tidak membuat cukup insulin atau insulin tidak dapat bekerja dengan semestinya.  Oleh sebab itu dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.
Diabetes dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius dan parah termasuk penyakit kebutaan, jantung, gagal ginjal, amputasi dan bahkan menyebabkan kematian.  Diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama pada orang-orang yang memiliki resiko yang tinggi.
Faktor resiko yang tidak dapat dirubah:
1. Ras/etnik
Etnik atau ras pada asia, Indian amerika, hispanik termasuk memiliki resiko diabetes mellitus yang lebih besar.
2. Riwayat keluarga dengan diabetes
3. Umur
Resiko pada diabetes mellitus dapat meningkat seiring dengan meningkatnya usia.  Bila anda berusia lebih dari 45 tahun, sebaiknya sering memeriksakan kadar gula darah.
4. Mempunyai riwayat melahirkan bayi dengan berat lahir bayi lebih dari 4kg atau pernah menderita DM saat hamil (DM gestasional)
5. Mempunyai riwayat lahir dengan berat badan yang rendah, kurang dari 2,5kg
Beberapa faktor resiko yang dapat dirubah:
1. Berat badan berlebih / overweight (bila massa tubuh lebih dari 23 kg/m2)
2. Aktivitas fisik kurang
3. Merokok
4. Hipertensi (TD > 140/90 mmHg)
5. Dislipidemia atau kadar kolesterol abnormal (HDL <35 mg/dL, trigliserida > 250 mg/dL)
6. Diet tidak sehat
7. Mengkonsumsi makanan tinggi gula dan rendah serat dapat meningkatkan resiko DM
8. Polycystic ovary syndrome (PCOS)
Yang khusus terjadi pada wanita dengan gejala menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang banyak (kumis, rambut di lengan) dan obesitas.
Diabetes mellitus adalah penyakit yang dapat dicegah, kenali faktor resiko yang anda miliki.  Bila memiliki faktor resiko yang telah disebutkan, segera lakukan pencegahan penyakit dengan cara memeriksakan kadar gula darah ke dokter secara berkala, diet sehat, olahraga teratur, berhenti merokok, dan mengontrol penyakit hipertensi, kolesterol dan PCO.