Bahan Herbal Atasi Jerawat

Bahan Herbal Atasi JerawatJerawat adalah hal yang paling mengganggu pada setiap orang. Untuk mencegah dan mengatasi jerawat, perawatan kulit adalah hal yang paling penting.  Beberapa bahan herbal di Indonesia cukup banyak dapat bermanfaat untuk merawat kulit untuk mencegah dan mengatasi jerawat.
Bahan herbal ini telah diteliti dan dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti peradangan, dan dapat mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan dapat mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat, antara lain:
1. Kunyit
Bahan aktif pada kunyit adalah curcumin yang ternyata menunjukkan aktivitas anti peradangan, anti oksidan dan dapat mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat yang pecah.
2. Manggis.
Pada kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri dan anti oksidan.
3. Pepaya.
Pada Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat menghilangkan sel kulit mati.  Perawatan masker pada daging buah pepaya dapat mengurangi jerawat, dan memperbaiki kulit yang kasar.
4. Temulawak.
Bahan aktif yang terdapat pada temulawak memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri.
5. Tea Tree.
Minyak daun pada tea tree memiliki efek anti bakteri.  Beberapa penelitian menunjukkan efek spesifik anti bakteri yang khusus menyebabkan jerawat.  Dosis yang dapat digunakan adalah 5-15% larutan, dan dipakai 2 kali sehari.
Masih banyak bahan – bahan herbal lain yang diduga dapat berperan dalam perawatan kulit, tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.  Pastikan dengan teliti dalam menggunakan produk kesehatan kulit ataupun produk kecantikan.
Perawatan kulit yang baik dan tekun akan menunjang usaha pencegahan dan pengobatan pada jerawat.  Lakukan perawatan sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan dapat memperparah jerawat. Konsultasikan dengan dokter, bila merasa ragu dengan pilihan perawatan kulit anda.